PELAKU TINGKAT DESA

Pelaku PNPM Agribisnis Perdesaan di desa adalah pelaku-pelaku PNPM Mandiri Pedesaan yang berkedudukan dan berperan dalam pelaksanaan kegiatan di desa dengan tambahan pelaku-pelaku khusus sebagai berikut :

1) TPK (Tim Pelaksana Kegiatan): TPK pada PNPM Agribisnis Perdesaan mengikuti TPK yang ada pada PNPM Mandiri Perdesaan dengan penambahan pelaku atau orang yang memiliki pemahaman tentang agribisnis. Jumlah pelaku khusus agribisnis yang ditambahkan pada TPK disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi tidak lebih dari 3 (tiga) orang.
2) KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa): KPMD adalah warga desa terpilih yang memfasilitasi atau memandu masyarakat dalam mengikuti atau melaksanakan tahapan PNPM Mandiri Perdesaan di desa dan kelompok masyarakat pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pemeliharaan.

PELAKU TINGKAT KECAMATAN

Pelaku PNPM Agribisnis Perdesaan di Kecamatan adalah pelaku-pelaku PNPM Mandiri Pedesaan yang berkedudukan dan berperan dalam pelaksanaan kegiatan di Kecamatan dengan tambahan pelaku-pelaku khusus sebagai berikut :

1) Fasilitator Kecamatan Agribisnis Perdesaan: Merupakan pendamping masyarakat dalam mengikuti atau melaksanakan tahapan PNPM Agribisnis Perdesaan, bersama-sama dengan Fasilitator Kecamatan/Fasilitator Teknik Kecamatan PNPM Mandiri Perdesaan. Peran Fasilitator Kecamatan/Teknik PNPM Mandiri Perdesaan tetap memfasilitasi masyarakat dalam setiap tahapan PNPM MP namun jika terdapat hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan PNPM Agribisnis Perdesaan maka kegiatan tersebut difasilitasi oleh Fasilitator Kecamatan Agribisnis Perdesaan, misalnya : sosialisasi tentang Pertanian Perdesaan, pelatihan KPMD (untuk PNPM AP disebut Kader Agribisnis Desa), Musyawarah Desa Perencanaan, verifikasi kegiatan Pertanian Perdesaan dan sebagainya.

2) Tim Verifikasi (TV): TV khusus agribisnis dipilih dari anggota masyarakat yang memiliki pengalaman dan keahlian khusus dibidang pertanian. Peran TV khusus agribisnis adalah melakukan pemeriksaan serta penilaian usulan kegiatan agribisnis yang diajukan masyarakat dalam musyawarah desa perencanaan oleh semua desa peserta PNPM Agribisnis Perdesaan dan membuat rekomendasi kepada MAD sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan.

3) Pendamping Lokal (PL): Pendamping lokal untuk kegiatan agribisnis adalah tenaga pendamping dari masyarakat yang membantu Fasilitator Kecamatan Agribisnis Perdesaan untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan tahapan dan kegiatan PNPM Agribisnis Perdesaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelestarian. Di setiap kecamatan akan ditempatkan minimal satu orang pendamping lokal agribisnis. Dalam kaitan dengan PNPM Agribisnis Perdesaan, PL agribisnis diberikan pemahaman oleh FK AP dan memberikan dukungan serta membantu proses kegiatan yang difasilitasi oleh FK AP. Tenaga PL yang bertugas untuk PNPM AP tidak boleh dirangkap oleh PL PNPM Mandiri Perdesaan.

Pelaku-pelaku PNPM Mandiri Perdesaan lainnya tingkat Kecamatan, seperti UPK, Pengawas UPK, BKAD, untuk kegiatan PNPM Agribisnis Perdesaan mengikuti pelaku-pelaku yang ada pada PNPM Mandiri Perdesaan. Oleh karena itu PNPM Agribisnis Perdesaan tidak membentuk pelaku-pelaku baru untuk UPK, Pengawas UPK dan BKAD.

PELAKU TINGKAT KABUPATEN
Pelaku PNPM Agribisnis Perdesaan di tingkat kabupaten sama dengan para pelaku PNPM Mandiri Perdesaan dengan tambahan tugas yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan PNPM Agribisnis Perdesaan.

PELAKU LAINNYA
Selain pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di desa, kecamatan dan kabupaten juga ada pelaku PNPM Mandiri Perdesaan lainnya yang ada di tingkat Provinsi dan Nasional. Pelaku lain di tingkat propinsi yang mendukung PNPM Agribisnis Perdesaan adalah pelaku PNPM Mandiri Perdesaan yang telah ada dengan tambahan pelaku di tingkat Propinsi yakni Spesialis Agribisnis dan Pemasaran dan Spesialis Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan di tingkat Nasional yakni Spesialis Agribisnis dan Pemasaran serta Asisten Spesialis Agribisnis dan Pemasaran. Khusus TK-Provinsi terdapat tambahan unsur Bappeda Propinsi yang mengkoordinir kegiatan Sub Program (SP) SADI lainnya, yaitu SP 2 – IFC SADI dan SP 3 – ACIAR SADI.

~tito’

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.