Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Agribisnis Perdesaan (PNPM-AP) atau yang dikenal dengan Pilot Project Smallholders Agribusiness Development Inisiative (SADI) merupakan program pemerintah yang didanai dari grant pemerintah Australia, Nomor TF 057097 melalui Bank Dunia (worldbank). Dalam pelaksanaannya, pilot project ini akan bekerjasama dengan dua komponen lain yaitu IFC (International Financial Corporation) yang akan mendukung dalam bidang pemasaran, dan ACIAR (Australia Center for International Agricultural Research) yang akan mendukung dengan suplai hasil-hasil penelitian adaptive untuk memecahkan masalah yang dihadapi petani. Pilot Program SADI dilaksanakan pada 4 propinsi di Indonesia yaitu di Propinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Konsultan spesialis baik di tingkat propinsi maupun nasional (NMC) sudah direkrut bahkan sudah mulai melaksanakan tugasnya per bulan Desember 2007. Direncanakan pelaksanaan program di tingkat kecamatan (ada 24 kecamatan) pada 8 kabupaten di 4 propinsi pilot project tersebut akan dimulai sejak bulan pebruari 2008. Untuk itu segera direkrut Fasilitator Kecamatan (FK) untuk bertugas di 24 kecamatan tersebut. Untuk dapat menjamin pelaksanaan pilot program ini maka diperlukan sejumlah kegiatan persiapan. Beberapa persiapan yang harus dilakukan adalah workshop penyusunan modul pelatihan bagi FK–SADI yang telah direkrut sekaligus memberikan pembekalan kepada para konsultan propinsi dan nasional tentang program SADI ini. Setelah itu perlu dilatih para FK-AP yang telah direkrut untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Untuk itulah maka dilakukan kegiatan persiapan dalam bentuk penyusunan modul pelatihan Pra Tugas FK-AP, dan Pelaksanaan Pelatihan Pra Tugas FK-AP.

Lingkup kegiatan meliputi:
1. Memfasilitasi workshop penyusunan modul pelatihan Pra Tugas FK-AP
2. Melakukan analisis kebutuhan pelatihan Pra Tugas FK-AP
3. Memfasilitasi revisi Petunjuk Teknis Operasional (PTO) SADI.
4. Memfasilitasi Konsolidasi Tim Pelatih
5. Mengkoordinasi Tim Pelatih
6. Mengkoordinasi Penyelanggaraan Pelatihan
7. Memonitor dan Mengendalikan Pelaksanaan Pelatihan
8. Memfasilitasi Proses Review dan Evaluasi Harian Tim Pelatih
9. Memfasilitasi (melatih) Pelatihan
10. Memberikan Advisory / Technical Asistance kepada Tim Pelatih
11. Mendampingi peserta melakukan kunjungan lapangan.
12. Mendampingi Tim Pelatih dalam memfasilitasi pelatihan.

Keluaran
1. Tersusunnya modul pelatihan Pra Tugas FK-AP
2. Tersusunnya kurikulum pelatihan Pra Tugas FK-AP
3. Tersusunnya materi pelatihan Pra Tugas FK-AP
4. Tersusunnya jadual pelatihan Pra Tugas FK-AP
5. Terselenggaranya pelatihan Pra Tugas FK-AP.

Waktu dan tempat pelaksanaan

Penyusunan Modul Pelatihan FK-AP: Waktu pelaksanaan penyusunan modul selama 30 hari terhitung sejak tanggal 26 November 2007 diawali dengan workshop pada tanggal 28 November sampai dengan 4 Desember 2007. Worksop penyusunan modul diselenggrakan di Hotel Cemara Jakarta Pusat.

Pelatihan Pra Tugas FK-AP: Waktu pelaksanaan pelatihan selama 10 hari efektif yang dimulai pada tanggal 8 sd 17 Januari 2008. Sebelum kegiatan pelatihan dimulai terlebih dahulu dilakukan konsolidasi tim pelatih selama 2 hari yang dimulai pada tanggal 6 sd 7 Januari 2008. Kegiatan konsolidasi dan pelatihan ini diselenggaran di Hotel Regent’s Kota Malang Jawa Timur.

Peserta dan Nara Sumber

Workshop Penyusunan Modul Pelatihan: Kegiatan workshop ini diikuti oleh 8 orang konsultan spesialis SADI dari 4 propinsi, 2 orang konsultan spesialis SADI dari NMC, 1 orang dari satker PNPM Mandiri Perdesaan, 1 orang Program Officer SADI, 3 orang dari NMC, dan 2 orang staf skretariat PNPM Mandiri Perdesaan. Adapun narasumber berasal dari Satker PNPM Mandiri Perdesaan Ditjend PMD Depdagri adalah, 3 Orang dari IFC, 3 orang dari ACIAR; dengan seorang fasilitator training spesialis yang dikontrak khusus oleh Bank Dunia.

Konsolidasi Tim Pelatih: Kegiatan Konsolidasi ini diikuti oleh seluruh tim pelatih yang terdiri dari 8 orang spesialis SADI dari 4 propinsi, 2 orang spesialis SADI dari NMC, 2 orang dari KM Kab dan spesialis keuangan dari PNPM Mandiri Perdesaan, dan 2 orang staf dari satker/skretariat PNPM Mandiri Perdesaan Ditjend PMD Depdagri; dengan seorang fasilitator training spesialis yang dikontrak khusus oleh Bank Dunia.

Pelatihan Pra Tugas FK-AP: Kegiatan Pelatihan Pra Tugas FK-AP diikuti oleh 24 calon FK-AP dari 4 propinsi pilot project SADI, 2 orang staf dari secretariat dan satker PNPM Mandiri Perdesaan Ditjend PMD Depdagri. Adapun narasumber berasal dari satker PNPM Mandiri Perdesaan Ditjend PMD Depdagri 2 orang, dan seorang dari Program Officer SADI yang berkantor di Makassar. Sedangkan fasilitator berasal dari 8 orang konsultan spesialis SADI di 4 propinsi dan 2 orang spesialis SADI di NMC, dibantu dengan 2 orang konsultan dari PNPM Mandiri Perdesaan yang seorang bertugas sebagai KM Kab Bondowoso dan seorang bertugas sebagai spesialis keuangan wilayah IV, dibantu oleh 2 orang staf administrasi/pendukung dari PT Amythas; dengan seorang coordinator training spesialis yang dikontrak khusus oleh Bank Dunia.