Verifikasi usulan merupakan tahap kegiatan yang bertujuan untuk memeriksa dan menilai kelayakan usulan kegiatan dari masing-masing desa yang akan didanai PNPM Agribisnis Perdesaan. Verifikasi usulan kegiatan dilakukan oleh Tim Verifikasi yang dibentuk di tiap kecamatan lokasi pilot program, salah satunya di Kecamatan Amanuban Selatan. Tim Verifikasi akan menilai setiap usulan kegiatan untuk melihat kesesuaian usulan dengan kriteria penilaian usulan kegiatan dalam bentuk form verifikasi usulan yang dapat diunduh disini.

Idealnya Tim Verifikasi (TV) memberikan umpan-balik di desa sebelum menyusun rekomendasi kelayakan usulan. Rekomendasi penilaian kelayakan usulan akan diperiksa oleh FK (terutama yang berkaitan dengan aspek teknis usulan kegiatan fisik). Selanjutnya, TV membuat rekomendasi hasil penilaian disertai dengan catatan hasil pemeriksaan oleh FK. Rekomendasi TV akan menjadi dasar pembahasan dalam MAD II.

Dari 156 usulan kegiatan dari kelompok-kelompok yang tersebar di 15 Desa di Kecamatan Amanuban Selatan, 79 usulan kegiatan dinyatakan layak oleh Tim Verifikasi. Beberapa yang menjadi permasalahan dalam proses verifikasi usulan antara lain: 1) form verifikasi usulan banyak yang tidak diisi oleh tim verifikasi sehingga proses verifikasi menjadi kurang efisien. Waktu yang idealnya bisa dilakukan untuk melakukan pembahasan usulan kegiatan beralih fungsi menjadi kegiatan pengisian form-form verifikasi; 2) tim verifikasi masih membutuhkan proses pendampingan dalam proses pelaksanaan verifikasi di lapangan, akibatnya umpan balik dari tim verifikasi belum tajam; 3) Form verifikasi usulan sebaiknya dikaji ulang, form verifikasi sebaiknya dibuat sama dengan form verifikasi pada PNPM reguler. Hal ini untuk mengefisienkan proses verifikasi dan tidak membingungkan proses pemberian penilaian.

Beberapa komoditas usulan kegiatan di Kecamatan Amanuban Selatan yang lolos dalam proses verifikasi antara lain: komoditas sapi, kambing, babi, ayam buras, hortikultura (sayur), dan jagung. Kegiatan verifikasi usulan di Kecamatan Amanuban Selatan dilakukan pada tanggal 24 Juni 2008 pada pukul 10.00 WITA s/d 24.00 WITA.
[tito/Jul’08]