Beragamnya mitra pelaksana di tingkat lapangan membuat komunikasi yang efektif di antara ketiga subprogram dengan para mitra pelaksana program menjadi hal yang sangat strategis bagi SADI. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara Program dengan kesemua mitra yang ada, SADI telah mengembangkan sebuah strategi komunikasi berbasis internet yang meliputi pengembangan website dan database SADI. Tujuan dari strategi komunikasi berbasis internet ini adalah untuk meningkatkan daya akses seluruh komponen SADI dan mitra kerjanya atas informasi mengenai program yang terpercaya dan terkini.

Database yang dikembangkan merupakan database berbasis website, dan oleh karena itu semua pihak yang ditugaskan untuk mengelolanya harus memiliki kemampuan untuk mengupdate database secara mobile dari seluruh wilayah Indonesia melalui penggunaan password individual. Beberapa bagian dari database ini juga diakses oleh individu tertentu di tingkat propinsi (misalnya BAPPEDA) melalui penggunaan password individual.

Sebagai upaya untuk memastikan adanya tingkat kemampuan yang sama di antara para staf dan mitra kerja terpilih untuk melaksanakan pengelolaan database dan website SADI, maka pihak PMO telah menjadwalkan kegiatan pelatihan pengelolaan database dan website SADI selama sehari penuh untuk setiap subprogram. Pelatihan ini akan bertempat di Kantor Manajemen Program SADI di Makassar. Rincian jadwal pelaksanaan adalah sebagai berikut:
1. 25 Agustus 2008: Pelatihan pengelolaan database untuk Subprogram 1 dan mitra kerja terpilih.
2. 26 Agustus 2008: Pelatihan pengelolaan database untuk staf Subprogram 2 (staf program dan keempat REDC).
3. 27 Agustus 2008: Pelatihan pengelolaan database dan website untuk staf keempat Bappeda provinsi SADI dan PMO

Daftar peserta:
1. Manajer Subprogram 1
2. Program Officer Subprogram 1
3. Ast. Spesialis SADI NMC-Jakarta
4. Spesialis M&E PNPM-AP NTB
5. Spesialis M&E PNPM-AP NTT
6. Spesialis M&E PNPM-AP Sulsel
7. Spesialis M&E PNPM-AP Sultra
8. AOO IFC-SADI
9. M&E Officer IFC-SADI
10. Program Assistant IFC-SADI
11. REDC IFC-SADI NTB
12. REDC IFC-SADI NTT
13. REDC IFC-SADI Sulsel
14. REDC IFC-SADI Sultra
15. Staf Bappeda Provinsi NTB (1)
16. Staf Bappeda Provinsi NTT (1)
17. Staf Bappeda Provinsi Sulsel (1)
18. Staf Bappeda Provinsi Sultra (1)
19. Program Officer PMO (1)