BAJAWA, PK — Masih banyak pedagang di Pasar Inpres (Paris) Bajawa yang tidak kebagian los untuk tempat menjual berjualan. Akibatnya, para pedagang menjajakan dagangannya di pinggir jalan sampai ke badan jalan raya. Pemkab Ngada melalui instansi teknisnya harus menata pasar ini agar nyaman bagi pedagang, pengunjung dan pengguna jalan raya.

Pantauan Pos Kupang, Jumat dan Sabtu (30-31/1/2009), aktivitas jual beli di pinggir jalan sampai di badan jalan membuat kondisi pasar menjadi sangat semrawut. Arus kendaraan maupun pengunjung pasar sangat terganggu dengan kondisi tersebut. 

Kondisi seperti ini sudah lama terjadi dan selalu dikeluhkan masyarakat, namun sejauh ini belum ada langkah-langkah konkrit penataan pasar untuk menjawabi keluhan masyarakat tersebut. Beberapa warga mengusulkan agar dilakukan relokasi pedagang Paris Bajawa ke Pasar Baru di Bobou, Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa.

Di Paris Bajawa, para petani yang datang dari desa/kampung di pedalaman tidak mendapat tempat jualan di pasar itu. Begitu turun dari angkutan umum, mereka langsung menggelar sayur mayur dan barang jualan lainnya di pinggir jalan raya, bahkan di atas aspal jalan. Tidak sedikit yang berjualan di lokasi parkir kendaraan. Pegunjung pasar yang memarkir kendaraannya di badan jalan, semakin membuat semrawut suasana di pasar tersebut.

Tidak ada lagi tempat bagi pejalan kaki karena trotoar dipenuhi para pedagang. Akibatnya pejalan kaki atau pengunjung pasar pun melewati jalan raya sehingga makin memacetkan lalu lintas kendaraan di jalan raya di pasar ini.

Diperlukan penataan serius pasar ini agar pedagang dan penjual merasa nyaman. Penjual sayur-mayur, ikan, bumbu dapur, sembako dan pakaian yang bercampur baur di pasar itu harus ditata kembali.

Pasar Mataloko
Selain Pasar Bajawa, aktivitas Pasar Mataloko yang terletak di ruas jalan Bajawa-Ende, Kelurahan Todabelu, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, juga mengganggu pengguna jalan. Setiap minggu selalu ada peristiwa lakalantas dimana sepeda motor atau mobil menyeret orang. (*)

Resource: http://www.pos-kupang.com/index.php?speak=i&content=file_detail&jenis=16&idnya=18539&detailnya=1