DSCN1386

PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Agribisnis Perdesaan (SADI) merupakan salah satu program pemberdayaan di wilayah perdesaan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemiskinan di perdesaan melalui peningkatan pendapatan petani perdesaan.

Sejak Oktober 2007, telah dilakukan ragam kegiatan penguatan kapasitas kepada kelompok tani menggunakan BLM PNPM AP/SADI TA. 2008. Pemanfaatan BLM PNPM AP/SADI TA 2008 terutama dilakukan untuk memecahkan permasalahan dalam pengembangan potensi ekonomi lokal berbasis agribisnis melalui aspek perencanaan produksi, proses produksi, pasca produksi sampai dengan pemasaran hasil pertanian.

Beberapa kegiatan penguatan kapasitas bagi kelompok tani di lokasi PNPM AP/SADI antara lain:

  1. Pelatihan Sistim Budi Daya Ternak Sapi (Penggemukan & Pengembangan ) Serta Pelatihan Sistim Penanganan Tanaman Pakan Lokal / Hijauan Makanan Ternak (HMT);
  2. Pelatihan Sistim Konservasi Lahan dan Teknologi Pengolahan Kesuburan Tanah Pada Lahan Kering dan Usaha Hortikultura Serta Pelatihan Cara Pembuatan Pupuk Organik, Pupuk Cair Dan Pembuatan Bio Insektisida;
  3. Pelatihan Cara Pengelolaan Hasil Usaha Kelapa, Kacang Kedelai dan Jagung (Penanganan Pasca Panen Dan Pemasaran);
  4. Pelatihan Budidaya Ternak Ayam Buras , Kambing, Babi dan Ikan.

Di Kabupaten Timor Tengah Selatan, sebagian besar rangkaian kegiatan pelatihan telah selesai dilaksanakan oleh TPK bermitra dengan lembaga / perorangan yang bertindak selaku Business Development Service Provider (BDSP). Sebagai tindak lanjut terhadap segala kegiatan penguatan kapasitas tersebut, perlu dilakukan konsolidasi dan penguatan terhadap Pelaku Desa dalam mendampingi anggota Kelompok Tani di masing-masing Desa. Konsolidasi dan penguatan kapasitas yang menjadi fokus utama dalam kegiatan ini adalah perencanaan agribisnis, pengelolaan administrasi, penentuan kegiatan dan perencanaan usaha.

Mencermati hal tersebut, maka UPK, FK, Fas.Kab. Specialis PNPM –AP dan Specialis Monev dan PMO Sadi mengadakan pelatihan penguatan kapasitas bagi KAD, TPK-AP, PL, BKAD dan Wakil dari Kelompok Pemanfaat yang diselenggarakan di di Soe – Timor Tengah Selatan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 20 – 24 Oktober 2009 dan diikuti oleh 114 Partisipan dari Kecamatan Amanuban Selatan, Mollo Utara, dan Kuan Fatu.

Kegiatan ini dikelola oleh sebuah Panitia yang terdiri dari beberapa Pelaku UPK (Unit Pengelola Kegiatan) difasilitasi oleh para pelaku Fasilitator Kecamatan (FK). Beberapa Narasumber yang dilibatkan antara lain oleh Henra Agustiana (SADI Coordinator – NTT Province), Christianto (Sp. M&E PNPM Aggribisnis Perdesaan – NTT), Maria Regina Tan (Sp. SADI – NTT), Ida Lamabelawa (Fasilitator Kabupaten Timor Tengah Selatan), Joharjo R. Padeda (FK-Agribisnis Kecamatan Kuan Fatu), Petrus Loppo (FK-Pemberdayaan Kecamatan Mollo Utara), dan Dominggus Oematan (FK-Agribisnis Kecamatan Mollo Utara).